Putra Khadafi Tertangkap

Sabtu, 19 November 2011

TRIPOLI –Tepat sebulan setelah para pejuang Dewan Transisi Nasional (NTC) berhasil menangkap dan kemudian menewaskan pemimpin terguling Muammar Khadafi, kemarin, mereka berhasil menangkap putra Khadafi, Saif al-Islam, di kawasan selatan negara itu.

Saif al-Islam telah dibawa ke Kota Obari oleh para pejuang Zintan. ”Mereka telah menangkap Saif al-Islam Khadafi di kawasan Obari,”papar Menteri Kehakiman Libya Mohammed al-Alagy kepada Reuters. Para pejuang dari kota pegunungan di kawasan barat,Zintan, mengklaim berhasil menangkap pria yang dicari Mahkamah Kriminal Internasional (ICC) itu setelah terlibat dalam pertempuran semalaman.

Tak hanya Saif al-Islam,para pejuang juga menangkap tiga rekannya. Seorang pejuang dari pasukan anti-Khadafi, Brigade Khaled bin al-Waleed, yang turut menangkap Saif al-Islam di dekat kota Obari memaparkan, mereka bisa menangkapnya setelah mendapatkan informasi bahwa putra sulung kedua Khadafi itu berada di tempat itu selama satu bulan terakhir.

”Mereka tak bisa berbuat apa-apa karena kami punya rencana bagus,” ujar Wisam Dughaly. Awalnya, Saif al-Islam sempat menolak mengidentifikasikan diri saat ditangkap.Ketika itu, dia mengenakan jubah tradisional dengan scarf dipakai untuk menutupi mukanya.Tapi, beberapa ciri khas Saif al-Islam seperti kacamata tak bisa membohongi siapa dia sebenarnya.

Pria berusia 39 tahun itu dipastikan tidak mengalami cedera apa pun.Sebuah foto yang didugaadalahSaifal-Islammemperlihatkan seorang pria yang sedang berbaring di atas sebuah sofa dengan jari-jemarinya terbungkus perban dan kakinya ditutupi selimut cokelat tebal. Dia tampak terluka.Tapi diduga lukanya itu sudah agak lama. alvin

0 komentar: